kindLe bagi pecinta eBook  

Sunday, December 14, 2008

Amazon telah meluncurkan portable e-book reader-nya: Kindle. Sebelumnya, Sony juga pernah meluncurkan produk sejenis, Sony Reader, namun tidak terlalu populer di pasaran.

Amazon menggunakan sistem yang mirip seperti iPod-iTunes, Kindle adalah seperti iPod namun data yang ditanganinya adalah data teks buku (bukan data multimedia) dan Amazon adalah perpustakaannya toko buku online (sementara iTunes Music Store adalah toko musik).

Apalagi Amazon Kindle juga memiliki konektifitas tanpa kabel (EV-DO) yang memungkinkan penggunaannya tidak perlu melibatkan komputer sama sekali. Kemampuan memutar MP3 juga dimiliki perangkat ini, walaupun tidak mungkin menjadikan perangkat yang besar ini sebagai portable music player.

Apakah Kindle bisa merubah kebiasaan orang dari membaca buku konvensional ke e-book?Bobotnya sedikit di bawah 300 gram. Tidak lebih berat ketimbang 20 kaleng minuman ringan kosong. Ukuran fisiknya setara dengan kebanyakan buku edisi paperback, tapi lebih tipis. Di bagian mukanya, di bawah layar electrophoretic display atau yang lazim disebut kertas elektronik, terdapat papan ketik layaknya komputer mini. Nama peranti elektronik gres ini Kindle. Amazon.com, toko raksasa di alam maya yang memproduksi dan menjualnya, mengklaim Kindle bisa menampung 200 judul buku tanpa ilustrasi.

Boleh dibilang jumlah buku sebanyak itu merupakan isi perpustakaan mini di kamar-kamar mahasiswa --kecuali jika mahasiswa itu lebih suka mengisi rak di kamarnya dengan kaset atau CD. Bedanya, dengan Kindle orang bisa membawa-bawa semua koleksi buku itu ke mana saja, atau membuangnya dan menggantinya dengan koleksi yang lain (dengan cara membelinya dari Amazon.com, tentu saja).

Dan tak kalah penting dari itu: dengan Kindle, orang juga bisa membaca koleksi buku di dalamnya di mana saja dan kapan saja.
dengan lompatan yang melampaui pendahulu-pendahulunya, Kindle bisa menjadi bagian dari masa ketika benteng itu akhirnya menyerah, yang merupakan titik balik dari transformasi menuju format baru buku atau Buku 2.0 (Book 2.0).

AddThis Social Bookmark Button


0 comments: to “ kindLe bagi pecinta eBook

 

Design by Blogger Buster | Distributed by Blogging Tips